PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk.
PI, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2010
Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard
(xii + 88 + Lampiran)
Dewasa ini persaingan yang semakin kompetitif di dalam dunia bisnis menuntut sektor perbankan untuk bisa tetap bertahan. Untuk itu bank harus menyiapkan pengukuran kinerja, yang mana pengukuran kinerja harus selaras dengan visi dan misi bank itu sendiri. Keterkaitan tersebut berfungsi sebagai penentu apakah bank sudah berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Kinerja adalah ukuran keberhasilan dari setiap bisnis. Berbagai teknik kinerja telah dikembangkan untuk memberikan gambaran yang tepat dari setiap bisnis. Balanced Scorecard merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mengukur kinerja berdasarkan empat perspektif, yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kinerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk dengan menggunakan analisis Balanced Scorecard.
Dalam menentukan kinerja perusahaan, penulis menggunakan data-data berupa laporan keuangan, yaitu neraca dan laporan laba rugi perusahaan. Selain itu, penulis juga menyebarkan kuesioner kepada pelanggan dan karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Dari hasil yang diperoleh penulis berdasarkan analisis Balanced Scorecard dapat diketahui bahwa kinerja perusahaan dalam posisi cukup baik. Hal ini dapat terlihat dari kondisi keuangan perusahaan yang berupa rasio-rasio berada dalam cukup baik. Selain itu juga dapat terlihat dari hasil skor setiap perspektif melalui kuesioner yang hasilnya menunjukkan posisi baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar